Tips Mengajarkan Anak Agar Lebih Mudah Berbagi

246 views

Tips mengajarkan anak agar lebih mudah berbagi bersama merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh orang tua mulai sejak dini. Mengapa? Karena saat anak mulai menginjak kaki dan tumbuh besar dan berkembang serta mulai masuk sekolah seperti taman kanak-kanak, maka orang tua pun sudah merasa senang, dan gembira. Tatkala itupun orang tua sudah menyadari bahwa anak sudah besar dan memasuki sekolah meskipun taman kanak-kanak yang sudah memakai seragam sekolah yang baru pertama kalinya. Selain itu, tentu perasaan orang tuapun seharusnya sudah memikirkan bahwa anak yang sudah tumbuh dan berkembang apalagi sudah menginjak pendidikan sekolah taman kanak-kanak, pastinya si anak sudah mulai bersosialisasi atau melihat, dan mendapat teman barunya disekolahan. Tentu saat pulang sekolahan, maka anak tersebut akan bercerita mulai mendapatkan teman baru, ibu sekolahnya (guru) baik, belum punya teman dan lain sebagainya. Untuk anak yang aktif (mudah berteman atau berkomunikasi), tentu hal ini akan lebih mempermudah anak dalam menemukan teman barunya dalam hal belajar, bermain dan saling berbagi. Ya, misalkan yang lainnya seperti anak membawa bekal, anak akan saling memberikan makanan ke teman atau saling menukar makanan dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Dari contoh yang ada diatas pastinya tidak semua anak memiliki hal yang serupa dalam arti sifat, karakter dan lainnya yang mudah dan senang dalam berbagi. Sifat anak satu sama lainnya pastinya saling berbeda, mulai sulit dalam memberikan atau berbagi ke teman-temannya sampai tempat permainan orang lain atau “pertama” dia mainin tentu akan sulit saling berbagi ke teman-temannya. Jangankan berbagi menyentuhkan “punya dia pertama kali” dia mainin juga tidak bisa sentuh. Nah, hal ini yang menjadi kendala bagi para orang tua untuk mengajarkan sifat dan karakter bersosial dalam arti berbagi. Trus, bagaimana menghindari hal tersebut agar anak mau dan turut berbagi ke temannya?

Berikut tips mengajarkan anak agar lebih mudah berbagi bersama:

1. Ajak berbicara baik dengan si anak

Tips mengajarkan anak agar lebih mudah berbagi bersama versi suka.web.id yang pertama. Anak yang sudah menginjak kaki dalam usia sekolahan atau taman kanak-kanak, tentu si anak sudah mengerti dan bisa di ajak berbicara. Ajaklah berbicara baik-baik dengan anak mulai dari keadaan di sekolah, apa yang dia permasalahkan atau yang dia tidak senangi di sekolah, mulailah mengajak si anak pelan-pelan berbicara atau cara bagaimanapun agar bisa mengutarakan perkataannya. Tentu, orang tuapun dapat memberikan solusi yang dapat disenangi atau kesepatan bersama antara si anak dan orang tua. Berikan juga nasehat atau gambaran, bahwa memberikan kebahagiaan dan berbagi itu akan lebih mudah dalam mendapatkan banyak teman dan berikan pengalaman-pengalaman menarik dari orang tua dalam hal berbagi bersama.

2. Jangan berikan teguran pada anak karena pelit

Justru semua anak-anak jika dia diberikan teguran ataupun hukuman dia akan merasa kesal dan timbul rasa benci yang tidak menjadikan anak tersebut sebagai murah hati. Untuk itu, maka disarankan untuk tetap memberikan pesan atau dorongan positif agar anak juga dapat berbagi dan jangan lupa jika anak sudah bisa berbagi maka dia berikan pujian.

3. Hargalah “barang-barang berharga” milikinya

Disetiap anak pasti memiliki barang-barang berharga miliknya. Mulai dari main-mainan, pakaian, tas, sepatu atau buku. Untuk itu, cobalah untuk menghargainya. Hal ini juga harus diberitahukan juga kepada pembantu, teman ataupun kepada guru-gurunya, jika dia memiliki dan menghargai “barang-barang berharga” miliknya. Tetapi, jika kita meminjam “barang-barang berharga” miliknya ada baiknya kita mengatakan bahwa “barang” yang kita pinjam tersebut akan menjaganya dengan baik dan tentu merusak ataupun menghilangkannya. Dengan memberikan pernyataan tersebut tentu si anak dapat memberikan atau membagikannya serta mempercayainya.

4. Berikan contoh

Tentu dengan memberikan contoh semua orang juga dapat melakukan atau mengerjakannya. Hal ini juga sama halnya kepada anak. Berikan kepada anak cara-cara terbaik dalam mengajarkan bermurah hati. Seperti misalnya, berikan berbagi ke anak dengan memberikan ice cream dan juga pertolongan ketika dia sulit memakai sepatu ataupun sendal. Sehingga, hal berbagi tersebut juga akan dapat memahami apa yang telah diberikan orang tua. Ingat, pastikan juga bahwa si anak memang benar-benar memerlukan bantuan dan memberikan nasehat kecil bahwa seperti ini yang harus dilakukan si anak kepada temannya dalam hal berbagi. Perlu di garis bawahi, jangan biarkan si anak menjadi manja.

5. Ajarkan juga mana yang boleh atau mana yang tidak

Nah, tips mengajarkan anak agar lebih mudah berbagi bersama versi suka.web.id yang terakhir berikut ini. Setelah anak sudah mulai tau dan maju dalam memberikan berbagi, jangan lupa juga untuk tetap mengajarkan hal yang positif apa saja mulai yang boleh dan tidak boleh. Berikan juga alasannya kenapa tidak boleh dan boleh.

Semoga tips mengajarkan anak agar lebih mudah berbagi ini dapat memberikan salah satu inspirasi orang tua dapat si anak dapat bermurah hati. ­čśÇ

Tags: #Berbagi Bersama