Perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri? Disini Jawabannya

369 views

Sama seperti tahun sebelumnya, pada tahun 2016 ini terdapat 3 jalur seleksi Perguruan Tinggi Negeri yang akan diadakan. Jalur tersebut antara lain SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Mungkin diantara kalian masih ada yang bingung dan bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan ujian mandiri:

Untuk membantu kalian menghilangkan kebingungan tersebut, berikut ini adalah perbedaan dari ketiganya.

1. Perbedaan Dari Segi Jadwal Pelaksanaan.

Ketiga jalur tersebut memiliki jadwal pelaksanaan yang berbeda-beda. Pada tahun 2016 ini, jadwal yang ada adalah sebagai berikut; Untuk SNMPTN tahun 2016, jadwal pembukaan pendaftaran pada tanggal 29 Februari sampai 12 Maret 2016, Pencetakan kartu peserta seleksi pada tanggal 22 Maret sampai 21 April, proses seleksi pada 24 Maret sampai 8 Mei 2016, dan pengumuman hasil seleksi pada tanggal 10 Mei 2016. Untuk SBMPTN tahun 2016 pada tahun ini terdapat 2 bentuk seleksi penerimaan yaitu PBT dan CBT. Pendaftaran PBT sendiri akan dilangsungkan pada tanggal 25 April hingga 20 Mei 2016. Sedangkan Pendaftaran CBT pada tanggal 25 April hingga 9 Mei 2016.

Baca juga: Jalur PMDK, SNMPTN, ini perbedaannya

Proses seleksi dengan CBT akan dilaksanakan pada tanggal 28 sampai 30 Mei 2016, sedangkan PBT akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2016. Ujian keterampilan akan dilaksanakan pada 1 sampai 2 Juni 2016.

Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 28 Juni 2016. Sedangkan untuk Ujian Mandiri, tergantung masing-masing PTN.

2. Perbedaan Dari Segi Pelaksanaan Seleksi dan Pelaksana

SNMPTN merupakan seleksi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Dalam seleksi ini akan diseleksi nilai-nilai akademis dari raport, ujian akhir, dan prestasi. Sedangkan SBMPTN merupakan seleksi yang dilaksanakan oleh Majelis Rektor PTN di Indonesia. Seleksi ini terdiri dari CBT, PBT, dan ujian keterampilan. Yang terakhir Ujian Mandiri merupakan seleksi yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN. Karena hal tersebut seleksi bersifat beragam dan tidak sama antara satu dengan yang lain. Nah dari sini pasti sudah terlihat jelas perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Baca juga: SBMPTN, ujian mandiri dan UMB-PT, ini perbedaannya

3. Perbedaan Dari Segi Teknis dan Dampak

SNMPTN secara teknis ditujukan untuk lulusan siswa SMA atau Sederajat ditahun 2016. Untuk itu siswa lulusan tahun 2015 dan sebelumnya tidak dapat mengikuti seleksi ini. SNMPTN secara teknis memiliki jatah kuota 40 % dalam penerimaan mahasiswa baru di PTN. Dengan catatan kuota tersebut merupakan kuota dari setiap jurusan yang diambil. Peserta yang lolos melalui seleksi ini akan mendapat subsidi pendidikan. Sedangkan SBMPTN merupakan seleksi yang dapat ditempuh oleh lulusan SMA sederajat tahun 2016 dan tahun sebelumnya dengan kuota 30 %. Sama seperti SNMPTN, peserta yang lolos seleksi juga akan memperoleh subsidi pendidikan. Sedangkan Ujian Mandiri memiliki kuota 30 % yang ketentuan dan pelaksanaan diatur sendiri oleh PTN terkait. Peserta yang lolos seleksi dari jalur ini tidak akan mendapat subsidi pendidikan.

Setelah membaca informasi tersebut semoga dapat membantu kalian memahami perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandir. Intinya informasi ini ditujukan agar kalian dapat memanfaatkan setiap jalur secara maksimal agar.