Perbedaan SBMPTN, UMB-PT, dan Jalur Mandiri, Apa Sih?

352 views

Hallo sahabat suka-suka, apakah sobat suka-suka menjadi bagian dari orang lain yang berkeingin mengetahui apa sebenarnya perbedaan SBMPTN, UMB-PT, dan Jalur Mandiri? Apakah seleksi atau tes ini sangat berkaitan erat dengan ke Perguruan Tinggi Negeri? Atau seperti apa ya kira-kira?

Berbagai jenis seleksi atau jalur masuk universitas negeri maupun swasta, terkadang justru membingungkan calon mahasiswa itu sendiri. Tidak sedikit dari siswa yang telah tamat belajar di sekolah menengah atas, dan masih ada yang ragu dalam menentukan jalur seleksi mana yang akan mereka pilih.

Salah satunya muncul pertanyaan. Seleksi apa yang bisa ikut ujian ke Perguruan Tinggi?

Tidak hanya itu saja. Masih banyak hal lainnya yang ditanyakan. Seperti dibawah ini dimisalkan.

Apa perbedaan SBMPTN, UMB-PT, & Jalur Mandiri?

Tentu ada pada sebagian calon mahasiswa. Untuk memeperjelasnya, mari kita lihat pembahasan berikut.

Perbedaan SBMPTN, UMB-PT, dan Jalur Mandiri, Apa Sih?

1. SBMPTN

SBMPTN merupakan akronim dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seperti namanya, seleksi penerimaan mahasiswa baru ini diselenggarakan hanya dalam lingkungan perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

Jangan mau lupa ketinggilan info lainnya: PENGUMUMAN HASIL SBMPTN

Dalam seleksi ini, para calon mahasiswa baru diperkenankan memilih tiga jurusan pada universitas di seluruh Indonesia. Peserta akan dibagi menjadi tiga kelompok ujian, yaitu Kelompok Sosial Humaniora (Soshum), kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), dan Kelompok Campuran (Gabungan Saintek dan Soshum).

Biasanya, jenis kelompok yang dipilih akan menentukan tempat ujian peserta. Untuk tahun ini, biaya pendaftaran mengikuti SBMPTN yang ditetapkan adalah sebesar dua ratus ribu rupiah. Dalam sistem seleksi ini, calon mahasiswa akan diberikan soal dimana cara penilaiannya adalah skor +4 untuk jawaban benar, skor -1 untuk jawaban salah dan skor 0 bila soal tidak dijawab. Panitia atau pengawas ujian biasnya juga akan memberitahukannya sebelum pelaksanaan ujian.

Untuk memperjelas perbedaan SBMPTN, UMB-PT & Jalur Mandiri? Marilah kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya.

2. UMB-PT

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi dulunya bernama SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. UMB-PT diselenggarakan oleh P-SPMBN atau Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara.

Sistem seleksi ini diikuti oleh beberapa perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti pasa sistem SBMPTN, calon mahasiswa dikelompokkan dalam tiga kategori ujian yaitu, IPA, IPS dan Campuran.

Alur pendaftaran untuk UMB-PT ini pada dasarnya sama seperti sitem seleksi lain.

  • Langkah pertama, peserta dipersilakan untuk mendaftar secara onlie pada situs yang telah ditunjuk.
  • Langkah kedua, peserta diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran melalui bank. Setelah melunasi pembayaran, peserta dapat mencetak kartu peserta dan siap untuk menghadapi ujian.

3. Jalur mandiri

Jenis seleksi masuk perguruan tinggi yang ketiga adalah jalur mandiri atau juga disebut dengan seleksi mandiri.

Jalur mandiri ini, umumnya diselenggarakan oleh setiap universitas. Perbedaan jalur mandiri ini dari kedua jenis seleksi masuk universitas sebelumnya adalah universitas penyelenggaranya.

Pada sistem SMBPTN, ujian diselenggarakan oleh Kementrian Ristek dan Dikti dengan seluruh perguruan negeri di Indonesia, pada sistem UMB-PT, ujian diselenggarakan oleh P-SPMBN dengan beberapa universitas negeri dan swasta, sedangkan untuk jalur mandiri, penyelenggara ujiannya adalah universitas tersebut. Tidak ada kerjasama dengan universitas lain atau pihak manapun.

Biaya pendaftaran untuk setiap peserta juga berbeda antara universitas satu dengan universitas lainnya. Para calon mahasiswa, pada jalur mandiri juga diperbolehkan untuk memilih 2 atau 3 jurusan yang disukai. Kemudian akan dikelompokkan ke dalam ujian IPA, IPS, atau Campuran berdasar pada pilihan jurusannya.

Jadi sebenarnya, apa perbedaan SBMPTN, UMB-PT, dan Jalur Mandiri, apa yang sebenarnya?

Jika dilihat dari universitas yang berpartisipasi, maka jalur SBMPTN adalah yang terbanyak, disusul UMB-PT dan Mandiri. Perbedaan lain tentu saja pilihan jurusannya, dengan banyak universitas yang bergabung, tentu macam jurusan yang bisa dipilih menjadi semakin banyak. Selain itu, jenis universitas juga membedakan ketiga jalur tersebut. SBMPTN seluruhnya univeritasnya berstatus negeri, untuk UMB-PT ada yang negeri juga ada yang swasta, begitu juga jalur mandiri, baik universitas negeri maupun swasta berhak mengadakannya.