Perbedaan Jalur PMDK Dan SNMPTN, Apa Sih?

837 views

Perbedaan Jalur PMDK Dan SNMPTN – Setelah kita sudah membicarakan apa saja perbedaan dari SBMPTN, seleksi Jalur mandiri dan juga UMB-PT, nah sesuaikan kali ini pembahasannya sesuai dengan judul yang sudah tertera.

Pastinya ada dari sebagian orang khususnya anak anak kelas XII SMA bertanya tanya seperti apa rasanya kuliah, dengan memakai pakaian bebas sopan tanpa seragam seperti putih abu.

Untuk masuk ke Universitas Swasta di Indonesia memang terbilang mudah, walaupun ada Universitas Swasta yang benar-benar proses penyeleksian ketat. Akan tetapi, itu tidaklah semua.

Bila dibandingkan masuk ke Universitas Negeri, nah hal ini harus melakukan proses yang sangat panjang. Ketatnya penyeleksian masuk ke perguruan tinggi negeri, hal ini tidak menjadi menurunkan daya saing. Justru hal inilah yang paling dan sangatlah menantang. Beberapa Universitas Negeri pun memberikan seleksi yang berbeda-berbeda, mulai dari nilai raport, bakat, proses tertulis dan masih banyak lagi.

Namun mereka dibingungkan oleh pertanyaan dan keingintahuan yang menyangkut tentang beberapa jalur yang disediakan oleh universitas negeri ketika akan melakukan pendaftaran.

Pendaftaran di Universitas sendiri biasanya menyediakan beberapa jalur seperi PMDK dan SNMPTN. Tapi apa perbedaannya? Adakah hal yang ingin diketahui perbedaannya?

Ini jawabannya.

Perbedaan jalur PMDK dan SNMPTN terlihat dari beberapa persyaratan bagi pendaftarnya.

Ingin mengetahui lebih lengkapnya. Ini ya. Mohon disimak baik-baik.

1. PMDK

PMDK adalah jalur bagi orang orang yang memiliki bakat dan minat yang biasanya tertulis di rapor dan sertifikat atau piagam. PMDK sendiri memiliki dua jalur. Yaitu jalur minat dan prestasi akademik yang bisa dibuktikan dengan nilai rata rata 7.00 kelas mulai dari rapor kelas satu semester satu hingga rapor kelas tiga semester dua, selanjutnya adalah jalur minat dan bakat, biasanya diikuti oleh para olahragawan yang memiliki prestasi mulai dari tingkat daerah, propinsi atau bahkan hingga nasional, selanjutnya ada seniman, keagamaan seperti hafat Al quran, dan segudang prestasi lainnya lagi.

2. SNMPTN

Perbedaan jalur PMDK dan SNMPTN yang lainnya yaitu SNMPTN memiliki arti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri, jadi bagi anda yang berkeinginan sekolah swasta tidak bisa daftar melalui jalur ini.

SNMPTN sendiri ada dua macam, yaitu jalur undangan dan jalur tes umum. Ini terjadi sebelum tahun 2013. Karena setelah tahun tersebut maka SNMPTN memiliki jalur berbeda lagi. Sebelum tahun 2013 ini SNMPTN bisa melalui jalur undangan dengan memperlihatkan rapor SMA dan segudang prestasi didalamnya.

Selain itupun, untuk jalur SNMPTN tes, anda mengerjakan tes serempak dengan pejuang tes lainnya. setelah tahun 2013 jalur masuk perguruan tinggi negeri terbagi dalam 2 tahap nasional, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. SNMPTN yaitu seleksi tanpa tes, tapi melalui seleksi rapor, prestasi dan segala kegiatan yang dilakukan ketika SMA, kuota yang disediakan juga paling banyak, yaitu 50% dari bangku yang disediakan.

Untuk mendaftar juga tidak dimintai biaya sepeserpun. Sedangkan SBMPTN adalah pengganti SNMPTN jalur tes. Mengerjakan tes serempak seIndonesia. Tes yang diujikan juga sangat susah dibanding dengan soal ujian nasional.

Ketika anda sudah mengetahui perbedaan jalur PMDK dan SNMPT maka tahap selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah cara agar lulus dari salah satu jalur tersebut.

Bagaimana lulus tes dari salah satu kedua seleksi tersebut?

Tips yang harus anda lakukan adalah pilih dahulu jurusan apa yang anda inginkan, kemudian cobalah untuk konsultasi kepada orang tua, belajar yang rajin dengan melihat beberapa referensi buku panduan lulus jalur jalur tersebut, ikhtiar dengan berdoa atau amalan amalan lainnya yang anda yakini akan berhasil, jaga selalu kesehatan, hal ini sangat penting karena selain sehat akal dan pikiran maka harus sehat juga badannya.