Makanan Sehat Untuk Jantung Mudah Diperoleh dan Sering Konsumsi

0 views

Makanan sehat untuk jantung yang mudah diperoleh dan sering dikonsumsi tidaklah kalah baiknya dengan makanan yang memiliki harga mahal karena pada artikel kali ini yang sering kita peroleh dan sama-sama memiliki kandungan gizi dan baik untuk penyakit jantung.

Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Dari berbagai macam makanan sehat, terdapat beberapa jenis makanan yang seringkali kita konsumsi dan berguna untuk kesehatan jantung kita. Selain sering dikonsumsi, makanan-makanan ini juga mudah diperoleh di sekitar kita. Namun sebagian besar dari kita tidak sadar bahwa makanan-makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan jantung sebagai organ penting dalam tubuh. Apa sajakah makanan yang dimaksud?

 

Dalam ulasan ini, Anda akan menyimak beberapa jenis makanan sehat untuk jantung yang sudah tidak asing lagi bagi Anda. Makanan-makanan tersebut antara lain:

 

1. Ikan

Tidak hanya mengandung protein tinggi, ikan juga memiliki omega 3 yang efektif memperbaiki denyut jantung dan mengurangi tekanan darah. Mengonsumsi ikan sangatlah baik untuk kesehatan jantung Anda. Tidak ada salahnya Anda mengonsumsi ikan sekali atau dua kali dalam seminggu.

 

2. Bayam

Sayuran hijau ini memiliki serat dan potassium yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Tidak ada salahnya Anda mengonsumsi bayam agar kesehatan jantung meningkat. Namun perhatikan jumlah konsumsinya. Konsumsi bayam berlebihan juga tidak baik bagi tubuh.

 

3. Yoghurt

Produk fermentasi susu ini telah terbukti meningkatkan kesehatan pencernaan. Akan tetapi siapa yang menyangka bahwa yoghurt juga pas untuk kesehatan jantung? Anda bisa mengonsumsi yoghurt untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung di samping mencegah konstipasi.

 

4. Minyak Zaitun

Mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun dalam memasak merupakan sebuah langkah tepat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan gizi dalam minyak zaitun mampu meminimalisasi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

 

5. Oatmeal

Sarapan oatmeal bisa Anda lakukan setiap hari. Selain mengandung serat, oatmeal juga memiliki kandungan alami yang dapat menyerap adanya kolesterol jahat dalam arteri jantung.

Setelah Anda mengetahui beberapa makanan sehat untuk jantung tersebut, mulailah sering mengonsumsi makanan-makanan di atas untuk kebutuhan gizi harian Anda. Selain bisa dikonsumsi karena kelezatannya, kandungan gizi dalam makanan-makanan tersebut juga menjadi pilihan tepat untuk menyehatkan jantung Anda. Banyaknya kandungan gizi dalam makanan tersebut akan mengurangi risiko penyakit jantung terhadap tubuh Anda. Selain itu, Anda akan tetap mendapatkan asupan yang memenuhi standar kesehatan dengan mengonsumsi makanan tersebut.

Bukankah lebih baik Anda mengonsumsi makanan sehat daripada harus mengonsumsi obat-obatan yang terdiri atas berbagai bahan kimia? Mari lakukan pencegahan terhadap penyakit jantung secara alami. Dengan mengonsumsi makanan sehat, kesehatan organ kardiovaskular Anda juga akan terjaga. Agar jantung lebih sehat, Anda bisa mengimbangi konsumsi makanan sehat untuk jantung ini dengan menerapkan berbagai kebiasaan baik bagi tubuh, misalnya dengan melakukan aktivitas fisik, mengurangi stress, dan istirahat cukup.

Referensi: http://www.webmd.com/food-recipes/11-top-heart-healthy-foods (diakses 23/11/2015)