Gejala, Penyebab, dan Cara Mencegah Penyakit Diabetes

0 views

Gejala, penyebab dan mencegah penyakit diabetes tentu haruslah dipahami bagaimana bisa terjadi dan apa saja yang harus dilakukan jika diagnosis sebagai penyakit diabetes.

Diabetes, atau yang sering disebut sebagai penyakit kencing manis merupakan penyakit kelebihan gula didalam darah yang saat ini mulai banyak diderita oleh masyarakat. Kelebihan gula dalam darah ini diakibatkan oleh gangguan metabolisme dalam tubuh. Diabetes terjadi karena kurangnya kadar insulin yang seharusnya berperan untuk memproses zat gula dari makanan untuk menghasilkan energi.

 

Untuk memahami masalah penyakit yang satu ini, berikut akan saya berikan ulasan tentang gejala, penyebab dan cara mencegah penyakit diabetes.

 

a. Gejala penyakit diabetes

1. Sering buang air kecil
Ginjal didalam tubuh akan membuang kadar gula darah yang berlebihan melalui urin. Karena itulah anda cenderung akan lebih sering buang air kecil.

2. Sering merasa haus
Karena anda mngeluarkan banyak cairan, anda akan cenderung sering merasa haus dan selalu ingin minum air putih.

3. Sering mengalami kesemutan
Karena peredaran darah didalam tubuh tidak lancar, maka seseorang yang sedang mengalami gejala diabetes akan sering merasa kesemutan.

4. Luka yang tak kunjung sembuh
Karena adanya kerusakan pembuluh darah, luka pada tubuh akan sangat sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu jika anda memiliki luka yang sulit sembuh segera periksakann diri ke dokter untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

b. Penyebab penyakit diabetes Mellitus

1. Sistem imun yang kehilangan fungsinya
Sistem imun yang seharusnya menjaga tubuh dari serangan berbagai ancaman penyakit malah kehilangan fungsinya dan justru merusak insulin sehingga dapat meningkatkan kadar gula.

2. Kelebihan konsumsi makanan manis
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, terlebih jika penyebab nomor 1 diatas sudah terjadi maka anda akan sangat berpotensi untuk mengidap penyakit diabetes mellitus.

3. Keturunan
Jika keluarga anda ada yang memiliki riwayat penyakit diabetes mellitus, beearti anda berpotensi 40% untuk terserang penyakit ini juga. Namun hal ini dapat anda cegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

C. Cara mencegah diabetes mellitus

1. Kurangi makanann manis
Sebaiknya anda belajar untuk mulai menghindari makanan manis karena inilah penyebab utama dari semakin meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Karena nasi banyak mengandung gula, anda dapat beralih ke makanan pokok lain yang rendah gula seperti nasi jagung.

2. Biasakan berolahraga atau aktifitas fisik
Untuk menjaga kesehatan, biasakan untuk berolahraga setiap pagi dan sore. Olahraga yang dapat anda lakukan antara lain berlari, senam, berenang, dan lain sebagainya. Ada banyak manfaat jika melakukan aktifitas fisik, seperti: dapat menurunkan berat badan, menurunkan gula darah, meningkatkan sensitifitas insulin serta dapat mambantu dalam menjaga gula darah tetap tetap normal.

3. Jaga berat badan
Menjaga berat badan sangat penting untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes melitus. penyakit lain yang dapat anda cegah dengan memiliki berat badann ideal adalah jantung, kolesterol dan lain-lain. karena itulah demi kesehatan anda sendiri, sebaiknya mulai kini perhatikan berat badan anda agar tetap ideal.

4. Dapatkan banyak serat
Hal ini dapat membantu dalam mengurangi resiko diabetes dengan meningkatkan control gula darah, menurunkan resiko penyakit jantung, dan mengkonsumsi makanan tinggi serta seperti yang harus diketahui adalah buah-buahan, kacang, sayur-sayuran, dan bahkan biji-bijian.

5. Mengkonsumsi biji-bijian
Meskipun tidak begitu jelas mengapa biji-bijian dijadikan sebagai cara pencegahan diabetes, tetapi memang dapat memberikan manfaat dalam mengurangi resiko diabetes dan membantu kadar gula darah.

Demikian ulasan tentang gejala, penyebab, dan cara mencegah penyakit diabetes.

 

Referensi: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes/in-depth/diabetes-prevention/art-20047639

http://www.cdc.gov/diabetes/basics/prevention.html