15 Cara Mendapatkan Peringkat Top Di Google Untuk Bisnis Kecil

153 views

Cara mendapatkan peringkat top di google menjadi sebagian pertanyaan besar dari pelaku bisnis online. Dengan menaikkan peringkat baik di hasil pencarian yang populer saat ini yaitu google, maka tentu akan mendapat jumlah klik terbanyak dari situs lainnya.

Tidak hanya itu hanya, akan tetapi dapat meningkatkan trafik disitus blog, web pribadi atau web toko online.

Untuk mendapatkan hasil terbaik di mesin pencari google tidaklah mudah, apalagi menjadikan peringkat 1 di google itu bahkan bisa mustahil kalau tidak ada usaha (kerja keras yang dilakukan).

Mengalami kesulitan mendapatkan situs bisnis kecil Anda untuk di hasil peringkat baik di mesin pencari memang menjadi sebagian orang yang selalu dipertanyaan bagaimana caranya. Bahkan hal ini tidak yakin dari mana untuk memulainya.

Postingan kali ini akan memberikan kepada Anda dengan 15 cara sederhana untuk memastikan situs dapat dioptimalkan dengan benar dan mendapat peringkat dengan sesegera mungkin.

Jika Anda sebagai pelaku binis online seperti toko online, atau blog/website, pastikan tuk selalu tetap untuk membaca sampai akhir posting ini. Karena beberapa hal khusus untuk Anda saya berikan dibawah ini.

 

15 cara mendapatkan peringkat top di google untuk bisnis kecil atau blog/website:

Ini nih yang perlu diperhatikan. Ingat, jangan hanya memperhatikan saja ya tetapi perlu aksi atau implemen diterapkan di websitenya.

1. Menulis konten

Tulisan ini masih berkolerasi dengan konten. Konten menjadi hal menjadi untuk sebuah situs salah satunya artikel. Menulis konten yang panjang adalah faktor utama untuk mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian google dengan catatan memberikan informasi yang relevan.

Menulis konten (artikel) yang penjang sebenarnya tidak ada teori dan juga ketentuannya. Akan tetapi, berdasarkan hasil uji coba atau telah di praktekkan, maka artikel dengan tulisan panjang maka bisa memberikan hasil terbaik di top peringkat mesin pencarian. Untuk mendapatkan hasil terbaik di mesin pencari, maka Anda butuh tulisan sebanyak 2000 lebih (bisnis online yang namanya e-commerce sangat potensial sekali menerapkan seperti ini, apalagi ingin bersaing dengan kompetitor).

Pikirkan tentang topik yang relevan untuk audiens sebagai targetnya, kemudian buatlah tulisan yang mencakup didalamnya.

Ingat: jangan sesekali melakukan copy paste tulisan orang lain. Mari coba menghargai hak cipta orang lain. Buatlah kata-kata yang hampir mirip tulisan mereka, tetapi penyampaian gaya bahasaya dan penulisan kata berbeda dan buatlah semenarik mungkin.

 

2. Sitemap

Uploadlah atau buatlah sitemap untuk situs blog/website atau e-commerce. Hal ini diharuskan ada didalam situs. Kegunaan memiliki sitemap didalam setiap situs adalah memberikan gambaran besar atau representasi visual dari semua artikel agar mudah dimengerti dan membantu menemukan seluruh halaman informasi situs (semacam itulah kira-kira). Nah, jika susah membuat kode per kode setiap halaman maka bisa menggunakan xml sitemap generator <== bisa dibuka situs ini.

 

3. Penggunaan 301 atau 302

Ya, hal ini salah satu sangat besar penggunaannya. Janganlah salah untuk menggunakan kedua pengkodean ini. Nah, untuk mengartikan ini kurang lebihnya seperti ini:

301 = redirect permanen (pengalihan tetap).

302 = pengalihan sementara.

301 menunjukkan bahwa konten Anda telah di pindahkan secara permanen. Artinya, jika Anda memiliki situs yang hendak dialihkan ke situs yang baru atau landing page dan sudah memiliki authority yang bagus, maka kegunaan kode 301 ini sangat berguna dan memberikan link jus. Jika, sudah memberikan peringkat pada situs sebelumnya dan dialihkan ke situs baru, maka hal ini juga sama nanti mendapat peringkat bagus juga.

 

4. Jangan memblokir robot google (googlebot) pada situs

Jika situs sudah live dan dapat diakses oleh audiens, maka penggunaan googlebot atau robot google juga jangan salah melakukannya.

Jika Anda tidak menerima lalu lintas dari mesin pencari, maka periksalah bagian situs Anda dengan mengetik atau melihat file robots.txt, caranya seperti dibawah ini:

urlblog/robots.txt

Setelah mengetik dan memeriksa diatas, maka hasilnya bisa seperti ini:

User agent:*
Disallow: /

Arti dari Disallow: / adalah memberitahukan bahwa mesin pencari untuk tidak menjelajahi atau mengindeks semua landing page.

5. Optimalkan untuk mobile

Sejak april 2015 lalu, mesin pencari besar google merilis dan memberitahukan bahwa untuk menjadikan situs SEO Friendly dan menjadi salah satu faktor masuk didaftar halaman pertamanya adalah Mobile friendly. Untuk membantu melakukan pengecekan mobile friendly sudah dilakukan atau tidak maka bisa mengakses ini >> tool mobile friendly google. Jika situs Anda tidak ramah seluler, maka setidaknya situs Anda beralih ke desain responsif. Jika menggunakan CMS (Content Management System) dari wordpress, maka hal ini lebih mudah karena ada plugin yang melakukan support langsung jika sulit mengimplementasi mobile friendly seperti plugin WPTouch.

 

6. Loading Cepat

Hal ini memang benar, jika audiens/user mengunjungi sebuah website dengan loading lama tentu hasil yang diberikan tidaklah memuaskan. Maka, dari itu mesin pencari google membenarkan bahwa jika web/blog dengan loading cepat akan berdampak besar untuk memasuki halaman pertama google.

Untuk melakukan pengecekan website Anda cepat atau tidak, google memberikan tools gratis untuk semua pengguna dalam pengecekan. Google pagespeed insights namanya.

 

7. Gunakan struktur url/permalink deskriptif

Artinya, untuk menjadikan SEO Friendly dan user friendly dapat dimengerti oleh robot dan user, maka url haruslah dalam bentuk huruf, kata atau kalimat bukan angka. Satu hal lagi hanya bisa diakses 1 konten dan 1 url saja. Misalnya dibawah ini:

http://namasitusanda/artikel/ (benar)
http://namasitusanda/category/artikel/ (benar)
http://namasitusanda/789070 (salah)

Contoh 1 konten 2 url yang berbeda, misalnya:
http://namasitusanda/category/artikel/ dan http://namasitusanda/Category/artikeL/
Jika sekilas dilihat sama saja tidak ada yang berbeda. Tapi, jika serius diperhatikan maka ada yang berbeda. Nah, jika melihat seperti ini maka seharusnya dilakukan adalah pilihan salah satunya seperti authorynya besar karena bisa mempegaruhi dan memudahkan pemeringkatan. Kemudian melakukan pengalihan 301.

Url seperti ini biasanya terjadi pada situs e-commerce dengan CMS yang berbeda dalam penggunaan pada umumnya (wordpress, maupun joomla).

 

8. Pemilihan domain

Jika situs yang digunakan untuk usaha atau bisnis online dan ditujukan sebagian besarnya 1 negara misalnya Indonesia, maka sebaiknya menggunakan domain yang bertitle dot.id seperti co.id dan .id. Mengapa? Karena jika mendapatkan domain ini butuh proses penjang seperti harga domainnya sangatlah mahal dan diharuskan memiliki legalitas usaha. Serta server domainnyapun ada di Indonesia, sehingga googlebot lebih memudahkan mengenal situs.

 

9. Gunakan internal link konten atau produk yang terkait.

Membuat internal link antar konten ke konten yang terkait hal ini memiliki nilai tersendiri di mata search engine dan bisa menaikkan posisi peringkat.

Tidak hanya berlaku di blog/web informasi akan tetapi di toko online (ecommerce) juga sangat penting.

Nah, untuk di ecommerce namanya struktur SILO. Untuk mengetahui lebih lanjut konsep struktur SILO, nanti kan informasi kami selanjutnya.

 

10. Meta title dan meta description

Pastikan setiap halaman situs memiliki dan menggunakan tag title dan juga description. Untuk membantu robot google dan user mengenal situs maka kedua meta tag ini sangatlah penting.

Penggunaan meta tag title dan description, disarankan memiliki kata kunci yang ditargetkan berada di meta title (diperuntukkan ke search engine), title (diperuntukkan ke pembaca) dan meta description.

 

11. Tag heading

Nah, untuk menerapkan hal ini, seperti ini:

>> Penggunaan Tag heading untuk Homepage:

  • H1: Judul Blog
  • H2: Tagline blog, jika memungkinkan postingan terbaru juga bisa menjadi H2.
  • H3: Sidebar
  • H4: Footer (jika ada)

>> Penggunaan Tag heading unuk judul post:

  • H1: Post/page judul
  • H2 dan H3: Subheading dan sub-subheading
  • H4: Nama judul blog, jika memungkinkan widget terkait
  • H5: Sidebar

Penggunaan H1, H2, H3 dan H4 juga tidak asal-asalan. Untuk tag H1 (header/heading) hanya 1 (satu) saja penggunaan. Sedangkan Tag H2 (Sub header/heading) boleh digunakan lebih dari satu.

 

12. Media Sosial

Meskipun tidak langsung memberikan dampak yang lebih besar, tetapi media sosial juga bisa berperan dalam memberikan signal ke popularitasan web. Adanya yang melakukan share dan jika di share lebih banyak lagi, maka tentu bisa menaikkan peringkat. Dengan catatan human asli dan no fake.

 

13. Google webmaster tools

Hal ini penting dilakukan dalam mempengaruhi menaikkan ranking.

Kenapa bisa begitu ya mimin?

Ya, karena yang kita targetkan website kita ke mesin pencari google, memudahkan mengetahui kesalahan pada situs, Fetch google (google mengambil), dan proses consideration.

14. Carilah kata kunci yang relevan

Carilah kata kunci yang relevan terhadap situs atau jualan yang anda berikan. Perhatikan juga kata kunci yang ingin digunakan. Jangan rakus menggunakan kata kunci seperti misalnya memakai kata kunci yang hanya 1 atau 2 kata kunci saja.

Jika memungkinkan carilah kata kunci yang berlong tail panjang (3 sampai 6 kata) jika memungkin search volume besar dan sesuai dengan produk, maka hal ini bisa Anda pilih.

Tools yang bisa digunakan adalah adwords.google.com (gratis) dan keywordtool.io (jika memiliki uang lebih akun bayar lebih spesifik).

 

15. Backlink

Jika no 1 sampai 14 sudah terselesaikan maka otomatis website Anda pada umumnya sudah terindeks google. Untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama di mesin pencari google, maka terlebih dahulu yang diutamakan pada website/situsnya haruslah/sudah terindeks google. Jika tidak, maka tidak kan bisa dan pasti website Anda belum ada didata base mesin pencari google. Maka dari itu periksalah situsnya.

Cara melakukan pengecekan situs sudah terindeks, dibawah bisa meakukan dengan cara dibawah ini:

  • site:urlanda (contohnya>> site:suka.web.id)

Nah, bila hal diatas belum ada yang muncul seperti konten-kontennya yang telah dipublish, maka artinya website belum terindeks, sebaliknya bila hal diatas sudah dilakukan pengecekan dan hasil yang diberikan ada dengan beberapa konten-konten dan homepage sudah ada yang muncul artinya sudah terindeks. Simplekan. 🙂

Bagi website/situsnya belum terindeks, maka bisa dilakukan dengan submit url, disini nih

  • >> https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
  • Fetch google (berada di webmaster tools). Submit terlebih dahulu url homepage di webmaster tools google lalu Anda akan mendapat kode HTML.
  • Jika hal diatas masih belum ampuh, maka cara terbaik adalah melakukan consideration. Artinya melakukan permohonan ke google seperti permohonan maaf (hanya berlaku untuk home page).

Selain itu juga dapat dilakukan dengan hal diatas yaitu backlink. Tidak bisa dipungkiri, backlink tentu masih berpengaruh besar untuk melakukan pemeringkatan pada sebuah situs, apalagi jika ingin berkompetisi dengan kompetitor. Apalagi menargetkan kata kunci yang diinginkan.

Untuk melakukan pengecekan link-link masuk pada website Anda dan kompetitor maka tools yang bisa digunakan seperti moz.com, majestic.com, ahrefs.com, dll.

Itulah beberapa hal yang bisa diberikan suka.web.id untuk Anda yang sedang membangun website dengan ingin mendapatkan ranking di halaman pertama pencarian google.

Jika Anda sudah menerapkan perlahan demi perlahan yang kami berikan diatas, jangan langsung kecewa dengan hasilnya belum maksimal. Butuh waktu untuk melihat hasilnya, setelah robot search engine memberikan nilai terhadap websitenya.

Ingatlah bahwa setelah menerapkan struktur-struktur diatas, maka dapat dipastikan web atau blog Anda dapat meningkatkan pengunjung.

Perlu diperhatikan:

Semua hal tersebut sudah saya praktekkan. Kalau tidak percaya saya sudah uji coba dengan mencoba membuat bisnis kecil tentang e-commerce properti. Web saya www.lakukeras.info.

Bisa teman-teman searching di mesin pencari google.co.id dengan kata kunci “RUMAH DIJUAL” setidaknya sudah berada di page 2 dan mentok-mentoknya berada di page 3.

Jadi tunggu apalagi, mari kita mencoba mulai hal yang kecil untuk tetap belajar SEO.

Jika sudah memiliki bisnis dan berkeinginan menargetkannya ke pasar online, jangan menunda waktu lagi untuk terus tetap berusaha.