Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami

131 views

Penyakit jantung? Ya. Penyakit jantung menjadi penyakit yang menakutkan bagi semua orang. Dalam mengurangi risiko terjangkitnya penyakit jantung, perlu dilakukan berbagai upaya dalam kehidupan sehari-hari. Namun jika Anda terlanjur terserang penyakit jantung, ada pula beberapa langkah dalam mengobatnya. Apa sajakah itu? Ini dia ulasan mengenai cara mencegah dan mengobati penyakit jantung yang perlu Anda ketahui.

Berdasarkan beberapa penelitian, seperti yang dilakukan media online nhs.uk, bahwa penyebab kematian tertinggi yang utama adalah penyakit jantung.

penyebab kematian tertinggi yang utama adalah penyakit jantung

KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERJELAS

Jika Anda tidak ingin menderita penyakit jantung, ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah berikut. Pertama sampai kedelapan dibawah ini, Anda bisa melakukan beberapa hal dalam mencegah penyakit jantung.

Apa saja itu?

 

Inilah jawaban bagi Anda yang sedang mencari cara mencegah, menghindari dan bahkan mampu mengobati penyakit jantung secara alami tanpa ada efek-efek sampingnya.

 

1. Kurangi aktivitas merokok

Anda tidak boleh lagi merokok. Sudah jelas bahwa rokok adalah salah satu penyebab penyakit jantung, seperti halnya yang tertulis di tiap bungkusnya. Cara mencegah dan mengobati penyakit jantung yang satu ini adalah yang paling utama dan mendasar untuk dilakukan. Kandungan nikotin dalam rokok akan memicu timbulnya penyakit jantung.

 

2. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi berbagai makanan sehat juga merupakan cara mencegah dan mengobati penyakit jantung yang tepat dilakukan. Biasanya makanan yang mengandung antioksidan lah yang pas dalam meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan akan menangkal radikal bebas yang juga bisa memengaruhi kesehatan jantung. Tidak hanya makanan mengandung antioksidan, makanan dengan kandungan asam lemak baik dan omega 3 tinggi juga cocok untuk meningkatkan kesehatan jantung. Jenis makanan seperti ini dapat ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, juga alpukat. Anda juga bisa mengonsumsi makanan dengan serat tinggi, misalnya oatmeal. Lengkapi konsumsi makanan sehat ini dengan buah-buahan dan sayur yang kaya serat. [Baca juga: MAKANAN SEHAT apa saja yang cocok dan baik untuk penyakit jantung].

 

3. Menjaga tekanan darah

Kemudian, perlu sekali bagi kita untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Tekanan darah yang terlalu tinggi ataupun itu yang namanya terlalu rendah, tidaklah baik bagi kesehatan, terutama untuk jantung.

 

4. Kurangi makanan berminyak

Penting bagi Anda untuk mengurangi asupan minyak jenuh. Selain itu, penggunaan margarin berlebih akan menampung lema trans yang dapat menyebabkan radang pada arteri. Anda bisa mengganti pemakaian minyak goreng biasa dengan minyak zaitun, juga mengurangi penggunaan margarin.

 

5. Cari tahu kadar HDL dan LDL

Ada baiknya juga Anda mencari tahu kadar HDL singkatan dari High Density Lipoprotein (diistilahkan: kolesterol baik), dan LDL singkatan dari Low Density Lipoprotein (diistilahkan: kolesterol jahat), dalam tubuh Anda. Kadar HDL yang bagus kurang lebih adalah 50.

 

6. Kurangi pikiran yang terlalu/stres

Menghindari stres pun menjadi salah satu langkah mencegah timbulnya penyakt jantung. Biasanya orang-orang yang stres akan mengalami kaku pada pembuluh darah akibat keluarnya hormon cortisol.

 

7. Kurangi minum alkohol

Cara selanjutnya dalam menghindari penyakit jantung adalah mengurangi minum alkohol. Jika Anda salah satu dari sebagian orang yang senang minum alkohol, maka sebaiknya hal tersebut haruslah Anda kurangi agar kesehatan tubuh seperti organ penting yaitu jantung tetap terjaga kesehatannya.

 

8. Berjalan santai

Terakhir, Anda bisa berjalan 30 menit setiap harinya. Hal tersebut bisa mengurangi 30% risiko serangan jantung. Berjalan santai merupakan salah satu tipe dari olahraga ringan. Untuk mendapatkan apa saja yang diberikan dari manfaat dari olahraga? Ketahui di artikel ini manfaat olahraga.

Langkah-langkah pencegahan di atas juga ternyata efektif untuk mengobati penyakit jantung. Apabila Anda sudah terlanjur terserang penyakit jantung, beberapa hal dalam pencegahan juga bisa Anda lakukan. Anda bisa berjalan selama 30 menit untuk mengurangi tekanan darah. Melakukan olahraga teratur juga bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara mengurangi lemak dan tekanan darah yang menunjukkan angka tinggi.

Kemudian sebagai pelengkap cara mencegah dan menyembuhkan penyakit jantung, Anda bisa juga mengonsumsi saus tomat hingga 10 sendok makan setiap minggunya. Kalium dalam saus tomat berperan dalam menurunkan tekanan darah. Konsumsi makanan sehat lainnya juga bisa dilakuan dengan memakan strawberry. Buah ini ternyata bisa mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Perbaikan vaskuler pun dapat dilakukan dengan konsumsi buah ini dalam rangka mengobati penyakit jantung. Tidak hanya itu, konsumsi sukun, alpukat, dan ubi jalar juga pas, baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung maupun mengobatinya.

Cara-cara yang telah dipaparkan di atas bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Tentunya Anda tidak ingin organ tubuh terpenting itu mengalami kerusakan atau terserang penyakit. Anda pasti menginginkan agar organ kardiovaskular Anda tetap terjaga kesehatannya. Oleh karena itu, terapkan langkah-langkah tersebut secara disiplin dan teratur.

Beberapa cara alami di atas ternyata sangat efektif dilakukan sebagai rangkaian cara mencegah mengobati penyakit jantung. Selain alami, langkah-langkah tersebut juga mudah dan murah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengonsumsi obat berbahaya, juga tidak perlu melakukan serangkaian terapi. Dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat ini, Anda akan mendapatkan kembali kesehatan jantung Anda atau mencegah timbulnya penyakit berbahaya tersebut.

Sumber image: http://sehatuntuksemua.com/assets/img/article/penyakit-jantung-resize.png