Optimalkan Pemasaran Bisnis Online dengan Content Marketing

37 views

Jika Anda tertarik memasarkan bisnis secara online, maka Anda tidak bisa melepaskan begitu saja bisnis Anda dengan menggunakan promosi-promosi melulu, atau mengiklanan begitu-beitu saja akan tetapi perlunya strategi yang namanya content marketing.

Content marketing dapat menciptakan konten yang berharga untuk menarik dan menkonversi menjadi pelanggan, dan pelanggan menjadi pembeli dan begitu seterusnya. Dengan jenis konten yang Anda berikan maka berkaitan erat dengan apa yang Anda jual, dengan kata lain, Anda mendidik orang sehingga mereka tahu dan memberikan kepercayaan dalam bisnis.

Berkembangnya bisnis online atau e commerce di berbagai kalangan masyarakat kita semakin menumbuhkan daya saing yang ketat antar pelaku bisnis tersebut. Banyak strategi bisnis diterapkan guna menjawab tantangan dari para kompetitor. Salah satu strategi usaha melalui internet yang kini banyak dilakukan salah satunya adalah dengan pengoptimalan pemasaran konten atau content marketing.

Dalam ranah e commerce, sebuah konten dapat berupa video, audio, foto dan artikel. Kompenen tersebut merupakan senjata yang ampuh dalam mendongkrak angka pegunjung atau traffic karena termasuk ke dalam optimasi SEO juga.

Dalam pembuatan suatu content marketing pada umumnya sama saja dengan pembuatan konten-konten biasa. Akan tetapi isinya berbeda, isi dari sebuah pemasaran konten haruslah relevan dengan produk maupun jasa yang ditawarkan, selain itu kualitas lebih diutamakan daripada kuantitas. Kualitas bagus tidak harus memiliki sebuah isi yang berat, isi yang ringan pun asal kemasannya bermanfaat bermuatan edukatif dan informatif sudah cukup bagus untuk dibagikan.

 

Berikut akan saya paparkan beberapa tips dalam mengoptimalkan pemasaran bisnis online dengan content marketing:

 

1. Promosi

Meskipun tujuan pembuatan sebuah pemasaran konten tersebut ditujukan sebagai pemasaran produk dan mendapatkan konversi. Maka dalam melakukan promosi setelah pengunjung atau traffic datang mengunjungi situs online shop meningkat, perlu diperhatikan juga bahwa dalam pembuatannya tidaklah disarankan untuk banyak melakukan sebuah promosi. Akan tetapi, buatlah semacam konsep tutorial yang relevan dengan produk seperti misalnya anda menjual berbagai macam jenis hijab, maka cobalah untuk membuat sebuah tutorial cara berhijab yang baik.

 

2. Situs jejaring sosial

Setelah berhasil dibuat anda dapat memanfaatkan berbagai macam situs jejaring sosial untuk menyebarkannya agar banyak orang yang dapat melihatnya. Penting untuk anda perhatikan bahwa dalam tata cara menyebarkan atau melakukan promosi pada situs jejaring sosial maka lakukanlah secara berkala agar tidak dianggap sebagai spamer oleh pengguna lainnya.

 

3. Rapih, menarik atau user friendly

Buatlah serapih mungkin karena kualitas yang bagus akan menentukan hasil akhir yang bagus pula. Dalam dunia maya khususnya e commerce sebuah konten disebar hampir jutaan setiap harinya tentunya membuat sesuatu yang jauh lebih unik akan menjadi nilai plus yang akan mudah untuk dapat ditemukan oleh pengguna internet di berbagai tempat.

Ok, dari 3 pemaparan tentang bisnis online dengan content marketing yang ada diatas, sebenarnya masih ada hal lainnya yang lebih menarik mengenai content marketing. Content marketing memang sangatlah menarik untuk dibahas. Maka, nantikan ulasan lainnya yang masih berkaitan dengan ulasan ini. Hanya di suka.web.id.