Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

39 views

Perhatian penting bahwa bahaya merokok bagi kesehatan tubuh manusia sudah diterapkankan di belakang bungkus rokok. Meskipun hal demikian sudah ada tulisan bahaya rokok, akan tetapi, karena sudah menjadi kebiasaan yang saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat maka hal tersebut tidak diperhatikan lagi.

Merokok tentu dapat merugikan bagi setiap orang yang menggunakannya terutama pada setiap organ tubuh. Selain itupun, menyebabkan banyak penyakit yang datang, dan juga mengurangi kesehatan bagi perokok secara umumnya.

Tak hanya pria, saat ini juga banyak wanita yang memiliki kebiasaan merokok. Padahal, dibungkus rokok telah tertera jelas tentang resiko rokok yang akan mengancam jiwa. Namun fakta tersebut tampaknya tidak lagi dihiraukan oleh para pecandu rokok karena mereka menganggap penyakit adalah sebuah takdir dari Tuhan. Meskipun benar adanya, namun alangkah baiknya jika kita melindungi diri dari ancaman penyakit akibat kebiasaan merokok. Apalagi saat ini korban jiwa akibat benda yang satu ini semakin berjatuhan. Lalu, apa saja bahaya merokok bagi kesehatan sebenarnya hingga kebiasaan ini harus kita hindari sebisa mungkin?

 

Berikut di sampaikan dibawah ini ulasan lengkap bahaya merokok bagi kesehatan tubuh manusia.

 

Bahaya merokok bagi kesehatan yang pertama adalah adanya kandungan karbon monoksida.

 

Taukah anda bahwa karbon monoksida merupakan zat yang biasa dikeluarkan oleh kendaraan bermotor? Nah, bagi anda yang tidak ingin terkontaminasi dengan zat ini maka usahakan untuk tidak merokok. Zat ini akan masuk untuk melekat pada hemoglobin lalu menghalangi oksigen untuk masuk dalam pembuluh darah. oleh karena itulah, para perokok pada umumnya banyak mengalami kelelahan.

 

Bahaya merokok bagi kesehatan yang berikutnya adalah adanya kandungan Tar.

 

Tar yang terdapat didalam rokok akan masuk kedalam paru-paru dan mengganggu kinerja paru. Mengapa hal itu terjadi? Karena tar akan menghambat pekerjaan bulu kecil yang terdapat diparu-paru yang sebenarnya berfungsi untuk menyingkirkan racun yang masuk. Akibat adanya tar, bagian ini menjadi tidak bisa bekerja secara optimal dan akhirnya perokok akan diserang oleh berbagai macam penyakit pernafasan.

 

Bahaya merokok bagi kesehatan yang ketiga adalah karena memicu penyakit jantung.

 

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, bahwa merokok dapat meningkatkan resiko penyakit jantung hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan orang pada umumnya. Nikotin yang terkandung didalam rokok akan membuat oksigen menjadi susah masuk kedalam tubuh. Hasilnya, jantung akan berdetak lebih cepat, tekanan darah menjadi naik, pembuluh darah didalam jantung menjadi rusak, serta mengakibatkan berbagai akibat yang mengancam kesehatan jantung anda.

 

Bahaya merokok bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan resiko penyakit stroke.

 

Selain berbahaya bagi jantung dan juga paru-paru, merokok juga dapat membuat pecandu-nya menjadi beresiko terserang penyakit stroke hingga 50% dibandingkan orang normal. Selain itu, zat kimia yang berada didalam rokok akan membuat kinerja sel didalam otak menjadi tidak sempurna. Selain itu, bahan kimia juga bisa membuat otak mengalami aneurisma otak yang dapat membuat penderita menjadi mengalami pendarahan otak jika pembuluh darah tiba-tiba pecah. [Baca hal ini sebagai cara mencegah penyakit jantung].

 

Merokok dapat mengganggu pernapasan dan kanker

 

Merokok dapat menyebabkan penyakit paru-paru sulit atau tertanggu pada pernapasan. Merusak saluran udara dan kantung udara kecil (alveoli) yang ditemukan pada paru-paru. Selain itu, bahaya merokok dapat mengakibatkan kanker paru-paru, kandung kemih, hati, pangkal tenggorokan, trakea, bronkus, hati/ginjal, orofaring (termasuk bagian dari tenggorokan, lidah, langit-langit lunak dan amandel).

Demikian ulasan tentang beberapa bahaya merokok bagi kesehatan yang dapat anda jadikan pelajaran untuk berhenti dari kebiasaan merugikan ini. Semoga bermanfaat.

 

Referensi: http://www.cdc.gov/tobacco/data_statistics/fact_sheets/health_effects/effects_cig_smoking/ (diakses 28 Februari 2016)