5 Gejala Penyakit Diabetes Ini Sering Tidak Disadari

139 views

Gejala penyakit diabetes biasanya cenderung mudah dikenali sebelum melakukan pemeriksaan medis secara detail. Berbagai gangguan kesehatan seperti mudah lelah, cepat merasa haus, dan sering buang air kecil adalah beberapa gejala umum diabetes. Namun, sudah tahukah Anda bila ada gejala-gejala penyakit diabetes lainnya yang sering tidak disadari?

Berikut dibawah ini terdapat 5 gejala penyakit diabetes yang sering tidak disadari:

1. Kemampuan Pendengaran Menurun

Menurut studi yang dilakukan oleh National Institute of Health, menurunnya kemampuan pendengaran ternyata memiliki kaitan dengan kadar gula darah. Sebab, orang yang kadar gula darahnya tinggi memiliki risiko 30% lebih besar mengalami gangguan pendengaran. Hal ini bisa terjadi karena kerusakan pembuluh darah dan syaraf pendengaran sebagai efek samping dari diabetes.

2. Kaki Kesemutan atau Mati Rasa Sesaat

Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes rupanya juga bisa menyebabkan kerusakan syaraf ringan. Salah satu sistem syaraf yang sering terganggu karena diabetes adalah syaraf di daerah kaki. Akibatnya, kesemutan atau mati rasa jadi sering terjadi pada Anda yang memiliki kadar gula darah yang tinggi.

3. Kulit Terasa Gatal

Kulit yang terasa gatal juga menjadi salah satu gejala tidak umum bagi para penderita diabetes. Dampak diabetes rupanya bisa mempengaruhi jaringan di bawah kulit sehingga tangan, kaki, atau sekujur tubuh terasa gatal. Rasa gatal akibat diabetes tersebut tidak dapat diatasi dengan salep atau obat luar lainnya. Jadi, jika Anda mengalami hal ini Anda sebaiknya segera melakukan cek up kesehatan. Jangan tunggu sampai ada gejala diabetes lainnya yang makin menurunkan kualitas kesehatan Anda.

4. Murung dan Mudah Tersulut Emosi

Aaron Cypess, asisten profesor kesehatan di Harvard Medical School menyatakan bahwa penderita diabetes juga sering mengalami depresi. Kondisi depresi itu akan meningkat seiring dengan naiknya kadar gula darah. Perasaan yang mudah marah, lelah, dan murung akan membuat emosi penderita diabetes jadi tidak stabil. Namun, biasanya gejala penyakit diabetes yang satu ini akan berangsur-angsur hilang jika kadar gula darah sudah kembali normal.

5. Terkena Infeksi Saluran Kemih

Gejala penyakit diabetes terakhir adalah terkena dengan infeksi saluran kemih. Penderita diabetes lebih rentan mengalami infeksi, termasuk infeksi saluran kemih dan infeksi vagina. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam air seni, sehingga menyebabkan bakteri mudah berkembang biak di sekitar saluran pembuangan tersebut. Jadi, tidak mengherankan jika dokter akan memeriksa kadar gula darah pada orang-orang yang mengalami infeksi saluran kemih atau infeksi vagina.

Dengan mengenal 5 gejala penyakit diabetes yang tidak umum tersebut, Anda tentunya menjadi lebih teliti dalam menjaga kesehatan. Jangan lupa beritahukan informasi ini kepada semua orang yang Anda cintai agar mereka juga teliti menjaga kesehatan dan mengetahui terlebih dahulu tentang gejala penyakit diabetes.

Tags: #gejala diabetes #penyakit diabetes